Manfaat Belajar Bahasa Arab

Sangat banyak manfaat yang akan didapat oleh seorang yang belajar ilmu nahwu. Diantaranya :

  1. Mendapat pahala.

Menuntut ilmu adalah ibadah. Terlebih lagi, hukum belajar bahasa arab adalah wajib kifayah. Dan pahala ibadah wajib lebih tinggi dari pahala ibadah sunnah. Tentu jika ikhlash dalam belajar.

  1. Meningkatkan kualitas ibadah

Manfaat luar biasa, yaitu meningkatkan kualitas ibadah kita. Bayangkan, selama ini kita hanya membaca beragam bacaan shalat tanpa memahaminya. Kosong tanpa arti. Namun, tatkala memahami apa yang dibaca, maka shalat akan terasa ringan dan lebih khusyu’. Mencoba menghayati setiap bacaan akan meningkatkan kualitas shalat kita. Sehingga pahala yang bisa didapat dari shalat bisa semakin besar.

  1. Bisa menjaga diri dari kesalahan atau penyimpangan

Sebagian orang yang melakukan kesalahan atau terjerumus dalam penyimpangan diakibatkan dari ketidak pahamannya terhadap bahasa arab.

Imam Syafi’I mengatakan, “Tidaklah manusia menjadi bodoh dan berselisih melainkan karena mereka tidak belajar bahasa arab dan lebih cenderung pada bahasa aristoteles” (Siyar A’laamin Nubalaa, 10/74)

  1. Menjaga wibawa

Kesalahan berbahasa menjadi momok tersendiri bagi mereka yang memahami pentingnya berbahasa arab dengan baik.

Diriwayatkan bahwa Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu mengatakan,”Saya membaca kemudian terjatuh lebih saya sukai daripada saya membaca tapi keliru (bacaannya)” (Min Taariikhin Nahwi Al ‘Arabiyy, hal. 9, Maktabah Syamilah)

Dan manfaat lainnya.

Penyusun : Ustadz Yananto Sulaimansyah, S.T. (Mudir Ma’had Al ‘Ilmi Yogyakarta)

About Author

Leave a Reply