Profil Ma’had Umar bin Khattab

Sekilas Tentang Kami

Ma'had Umar bin Khattab adalah salah satu divisi di bawah departemen pendidikan Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari (YPIA), selain Ma'had al-'Ilmi. Fungsi umum dari ma'had ini adalah untuk membekali kaum muslimin (terutama mahasiswa) dengan kemampuan dasar membaca kitab para ulama dengan materi ilmiah tambahan yang bertujuan untuk membekali mereka dengan manhaj/metode yang benar dalam beragama, yaitu mengikuti al Qur'an dan as Sunnah sesuai dengan pemahaman para sahabat.

Program ini dirancang bagi kaum muslimin secara umum, walaupun target utamanya adalah mahasiswa , yang mempunyai tekad untuk belajar bahasa Arab dan merupakan program wajib bagi mereka yang ingin mengikuti Ma'had al-'Ilmi.

Di dalam Ma'had Umar Bin Khattab ini, peserta didik dibimbing secara bertahap dan berkelanjutan sehingga bisa menguasai kemampuan dasar bahasa Arab, khususnya membaca kitab, dan mengenal secara global manhaj/metode yang benar dalam beragama.

Visi dan Misi

Ma'had Umar bin Khattab memiliki visi :

Menumbuhkembangkan kemampuan umat Islam dalam berbahasa arab yang bertujuan untuk memahami dalil-dalil syari'at dan penjelasan para ulama.

Untuk mencapai visi di atas maka disusunlah misi-misi sebagai berikut:

  • Membekali kaum muslimin, khususnya calon santri Ma'had al 'Ilmi, dengan kemampuan dasar membaca kitab ulama (kitab gundul).
  • Membekali kaum muslimin dengan pengetahuan dasar tentang manhaj/metode yang benar dalam beragama, yaitu mengikuti al Qur'an dan as Sunnah sesuai pemahaman para sahabat/salafush shalih.

Testimoni

Pengurus

Muhammad Iqbal

Mudir

Anggoro Cahyo Utomo

Keuangan - Sekretaris

Wahyu Sigit Permadi

Kesantrian

Gian Handika

Akademik

Ahmad Daris

IT Support